Fujislot Cara Pasang Ssd Dan Hdd Bersamaan Di Laptop

Cara Pasang Ssd Dan Hdd Bersamaan Di LaptopFujislot Pada artikel kali ini saya ingin menceritakan pengalaman memasang dua drive SSD dan HDD dalam satu laptop secara bersamaan. Jadi, dengan maksud untuk meningkatkan performa laptop, saya hanya ingin mengupgrade RAM-nya saja. Namun, setelah meneliti beberapa informasi tentang cara meningkatkan kinerja laptop, ada tiga opsi yang bisa Anda lakukan: upgrade memori, ganti SSD, atau lakukan keduanya. Lalu saya putuskan untuk mengganti HDD dengan SSD. Lalu bagaimana dengan HDDnya? Apa itu SSD?

SSD adalah singkatan dari Solid State Drive. SSD memiliki fungsi yang sama dengan hard disk drive (HDD). Namun, SSD menggunakan sirkuit terintegrasi untuk menyimpan data. Tidak lagi menggunakan disk seperti HDD. Spesifikasi SSD didesain sama dengan spesifikasi HDD laptop. Jadi, kita bisa mengganti HDD laptop dengan SSD sama seperti kita mengganti HDD dengan HDD.

Cara Pasang Ssd Dan Hdd Bersamaan Di Laptop

Fujislot Apakah ini satu-satunya yang membedakan SSD dari HDD? Tentu saja tidak. SSD memiliki beberapa keunggulan. Di bawah ini adalah kelebihan SSD dibandingkan HDD.

Workflow Station Kingston Memudahkan Segala Sesuatu Bagi Pembuat Konten Dan Profesional Video

Karena SSD mahal, saya hanya membeli yang berkapasitas 120 GB. Jadi, saya tetap membutuhkan HDD sebagai tempat menyimpan data. Setelah memutuskan untuk menggunakan SSD daripada HDD, saya punya 2 opsi lagi, yaitu:

Laptop berbeda dengan PC karena dapat dipasang lebih dari satu HDD. Jadi untuk memasang SSD dan HDD di laptop, DVD ROM harus dikorbankan. DVD ROM mirip dengan HDD dan terhubung ke motherboard melalui port SATA. Jadi HDD bisa dipasang di port SATA bukan di DVD ROM. Alat yang digunakan untuk menginstal HDD sebagai pengganti DVD ROM disebut Caddy. Formatnya sama dengan DVD ROM.

Caddy merupakan wadah yang digunakan sebagai converter untuk memasang HDD laptop sebagai pengganti DVD ROM. Caddy dirancang seperti DVD ROM. Bentuk dan susunan lubang baut penghubung kunci dan penampang tepi luar. Ketebalan casing biasanya 9,5 mm, 12,5 mm. Ukuran ini mengikuti ketebalan DVD ROM laptop. Jadi, sebelum membeli drive, periksa dulu ketebalan DVD ROM laptop Anda. Jadi Anda dapat menginstal rekaman yang Anda beli di laptop Anda.

Dengan cara ini, SSD dipasangkan pada HDD utama dan digunakan sebagai tempat instalasi sistem operasi. Sedangkan yang dipasang adalah HDD, bukan DVD ROM. Dapat digunakan sebagai instalasi sistem operasi sekunder dan unit penyimpanan data atau sebagai unit penyimpanan data.

Begini Cara Saya Mengganti Ssd Macbook Pro

Laptop dengan SSD dan HDD adalah Huawei X454Y. Satu-satunya yang dapat diakses dari bawah adalah slot RAM. Jadi Anda harus melepas casing atas untuk mengakses slot HDD dan DVD ROM.

Pada titik ini laptop berubah dari HDD menjadi SSD. Langkah selanjutnya adalah memasang HDD di laptop. Karena SSD dipasang di slot HDD, maka HDD harus dipasang di tempat lain. Satu-satunya bagian laptop yang dapat dipasangi HDD adalah drive DVD Rom. Karena sama dengan port HDD, maka port SATA juga digunakan untuk slot ini. Kami memasang HDD ke laptop menggunakan Caddy.

Sampai HDD dipasang menggunakan Caddy bukan DVD ROM, laptop akan mendeteksi SSD dan HDD saat dihidupkan. SSD masih kosong. Sistem operasi Windows dijalankan dari HDD.

Setelah SSD dan HDD terpasang sepenuhnya di laptop, maka ada 2 skenario sistem operasi (OS) yang bisa dipilih, yaitu menggunakan 2 OS dalam satu laptop atau hanya 1 OS. Berikut adalah beberapa pemikiran saya setelah mencoba 2 skenario ini.

Cara Memasang Ssd Nvme Pcie M.2

Laptop berjalan normal. Anda dapat memilih sistem operasi yang ingin Anda gunakan saat startup. Mengulang kembali. Tidak bisa tidur dan tidak akan berada dalam kondisi tidur. Jika laptop memasuki mode sleep atau hibernate, maka laptop terpaksa dimatikan. HDD mengeluarkan suara seperti laptop mati tiba-tiba.

Dalam hal ini, HDD berfungsi penuh sebagai penyimpanan. Sistem operasi berjalan pada SSD. Laptop bergetar saat dibuka dan digunakan. Sleep dan Hibernate tidak dapat diaktifkan (shutdown paksa). Namun karena pengaturan yang salah atau alasan lainnya, laptop tidak dapat di-restart. Laptop akan mati paksa saat restart.

Karena kendala tersebut, saya mencari solusinya. Ternyata banyak pengguna yang mengalami masalah ini beberapa tahun lalu. Saya akhirnya menemukan solusinya. Beberapa artikel online dan video YouTube menyarankan bahwa masalah mematikan laptop dapat diatasi dengan menempatkan saklar pada caddy.

Mengatasi masalah power freeze saat reboot, sleep, atau hibernasi adalah dengan menggerakkan frame switch. Saklarnya mempunyai 3 posisi kiri, tengah dan kanan. Nah, beberapa pengguna harus berada dalam mode yang benar saat mematikannya, agar tidak ada masalah pemadaman listrik. Namun, beberapa pengguna berhasil mengatasi masalah ini dengan menekan tombol ke atas.

Jadikan Sistem Game Anda Lebih Kuat, Mari Upgrade!

Gagal. Hehe…cara ini tidak bisa di laptop asus X454Y saya. Apa yang pada akhirnya? Saya akhirnya melepas HDD dan kemudian meletakkan DVD ROM pada tempatnya. Saya hanya menggunakan SSD. Sementara itu, saya memasang HDD di dalam enclosure HDD yang berfungsi sebagai HDD eksternal.

Saat ini saya hanya menggunakan SSD di laptop saya. Menghentikan aliran listrik berdampak buruk bagi kesehatan HDD dan memperpendek umur HDD. Ya, di laptop saya, saya menyediakan partisi kecil sebagai tempat menyimpan data-data yang saya gunakan saat ini. Saya menyimpan sisanya di HDD yang dikonversi ke HDD eksternal.

Sebagai catatan diatas merupakan masalah yang terjadi pada laptop saya. Dan berdasarkan beberapa artikel, video, dan komentar dari artikel dan pemirsa video tersebut, pengguna SSD+HDD memang hebat.

Nah, itulah pengalaman saya saat memasang SSD dan HDD di laptop. Meski pada akhirnya HDD harus menyerah dan tetap berada di enclosure HDD eksternal. Jika kamu mempunyai jawaban, saran atau pertanyaan, tulislah di kolom komentar. Terima kasih telah berkunjung. Semoga ini bermanfaat. Cara Memasang SSD dan HDD di Laptop – Solid state drive atau SSD merupakan sebuah media penyimpanan yang menggunakan rangkaian IC terintegrasi sebagai tempat menyimpan data dan informasi. Sedangkan HDD terdiri dari bagian-bagian yang bergerak seperti piring-piring. SSD lebih cepat dan lebih tahan guncangan, sedangkan HDD kurang tahan guncangan dan mudah pecah. Dari segi harga, HDD lebih murah, namun cenderung lebih lambat dibandingkan SSD.

Manfaat Beralih Ke Ssd Laptop Untuk Dukung Beragam Aktivitas

Sebelum memasang SSD sebaiknya cek terlebih dahulu perangkat SSD mana yang cocok untuk dipasang di laptop Anda, karena ada 2 jenis SSD yang beredar di pasaran yaitu SSD M.2, SSD SATA dan NVMe. Perbedaan ketiganya adalah:

Ini lebih kecil dan lebih tipis dari SSD SATA. Jika Anda pernah melihat SSD M.2, Anda mungkin mengira itu adalah komponen RAM. Meski ukurannya lebih kecil, kecepatan transfer SSD M.2 tidak jauh berbeda dengan SSD SATA 2,5 inci. Yang harus kami perhatikan adalah SSD M.2 dan M.2 NVMe terlihat hampir identik. Perhatikan kaki SSD M.2. SSD SATA M.2 memiliki dua pin, dan SSD M.2 NVMe memiliki satu pin. Tidak semua motherboard laptop atau komputer mendukung SSD SATA jenis M.2 ini. Jadi baca kembali manualnya atau cek spesifikasi laptop atau komputer Anda mengenai dukungan SSD.

Dari segi bentuk dan ukuran, SSD SATA hampir sama dengan harddisk 2,5 inci yang biasa digunakan di laptop. Bedanya, bobotnya lebih ringan dan tampilannya sedikit berbeda. SSD tipe SATA sangat kompatibel dengan laptop dan desktop. Karena SSD ini masih menggunakan kabel SATA, biasanya sama dengan plug-in harddisk. SSD jenis ini bisa digunakan hampir di semua laptop atau komputer. Kecepatan transfer maksimum biasanya mencapai 600MB/s. SSD SATA juga mudah ditemukan di pasaran dan harganya cukup murah dibandingkan jenis lainnya.

Di antara beberapa lainnya, SSD jenis ini adalah yang tercepat. Tampilannya mirip dengan SSD SATA M.2, hanya saja memiliki satu kaki. Kecepatannya jauh lebih cepat dibandingkan M.2 SATA atau SSD SATA 2,5 inci. Soalnya jalur PCIe atau PCI Express sudah digunakan pada jalur yang digunakan. NVMe SSD mempercepat kecepatan transfer hingga 6 GB/dtk. Laptop atau PC keluaran terbaru biasanya sudah mendukung tipe NVMe SSD.

Opsi Penyimpanan Terbaik Untuk Pekerja Kreatif Dan Kapan Menggunakannya

Setelah memastikan perangkat SSD mana yang cocok untuk dipasang di laptop kita, kita lanjutkan ke tahap instalasi. Pertama, cara memasang SSD SATA 2,5 inci:

– Jika kita ingin memasang HDD dan SSD secara bersamaan, kita perlu mengorbankan Cdrom dan memasang SSD dan HDD secara bersamaan, sehingga kita dapat menggunakan SSD untuk penyimpanan disk lokal dan HDD untuk penyimpanan disk lokal di laptop lain.

– Cek perangkat Cdrom karena ada 2 ukuran yaitu 9.5mm dan 12.5mm. Jadi sebaiknya kita cek dulu sebelum membeli.

– Jika sudah membacanya, langkah terakhir adalah reboot laptop dan pastikan drive lokal C merupakan media penyimpanan SSD.

Jenis Ssd M.2: Sata Dan Nvme

– Lepas semua sekrup dan buka casing laptop, berhati-hatilah saat melepas casing karena banyak perangkat yang mudah rusak

Dengan motto “Pelatihan Profesional”, kami bertekad untuk memberikan para profesional dengan pelatih yang berkompeten di bidangnya masing-masing serta dukungan pelayanan terbaik dalam segala aktivitas kami.

Cara melihat ssd atau hdd di laptop, hdd ssd laptop, bedanya ssd dan hdd, cara melihat ssd dan hdd di laptop, cara menggunakan ssd dan hdd di laptop, ssd dan hdd, laptop hdd dan ssd, menggunakan ssd dan hdd bersamaan, cara mengetahui ssd atau hdd di laptop, perbedaan laptop ssd dan hdd, pasang ssd dan hdd di laptop, cara ganti hdd ke ssd di laptop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *